Budidaya Walet saat ini terjadi perubahan dengan adanya permintaan dari pihak China yang meminta agar sarang Walet lebih sehat dan higienis (KOMPAS 29 Nov 2011) Kedepannya export Walet akan ditest higienisnya (kadar amoniak & nitrit). Untuk budidaya Walet tidak hanya sekedar memikirkan suhu dan kelembapan, aroma/parfum, suara yang menarik, lokasi gedung, dan cahaya. Saat ini ada satu yg penting untuk masa depan budidaya Walet yaitu teknik dan peralatan menurunkan kadar amoniak di dalam gedung Walet yg sudah terisi ribuan walet. Setiap hari walet akan mengeluarkan kotoran dan gedung Walet memiliki kelembapan yang tinggi diatas 80 derajat, ini menimbulkan amoniak (NH3) dan Nitrit (N) yg terserap oleh sarang-sarang Walet. Apalagi untuk gedung yang rendah akan lebih cepat terserap oleh sarang Walet. Meskipun untuk kedepan agar budidaya Walet kita lebih terjaga kebersihan dan kesehatan, harus memakai teknik dan peralatan khusus untuk menjaga mutu sarang agar kadang amoniak dan nitrit sesuai dengan kualitas export dan bisa diterima oleh exportir. Sarang-sarang yang kadang Amoniak dan Nitritnya rendah terlihat lebih putih tanpa obat. Kami menyediakan konsultasi dan penanganaan untuk mengurangi kadar Amoniak dan Nitrit dalam gedung Walet agar hasil produksi sarang Walet sehat dan higienis memenuhi standart export dan sarang lebih putih, agar harga sarang bisa pulih kembali.Kami menyediakan mesin yang bisa membersihkan sarang Walet dan mengurangi kadar Amoniak dan Nitrit agar bisa diterima oleh exportir dan pihak karantina.

Friday 2 November 2007

Papan sirip rusak sering disemprot walet masih enggan bersarang

Papan sirip rusak sering disemprot walet masih enggan bersarang
Penggunaan aroma walet sebagai media mempercepat sarang walet terkadang salah dipergunakan. Penyemprotan ke papan sirip tempat bersarang walet secara rutin akan menyebabkan papan sirip menjadi rusak. Jika papan sirip anda rusak mau jadi apa sebuah rumah walet?

Penyemprotan cairan ke papan sirip dilakukan untuk menghilangkan bau kayu yang baru. Untuk berikutnya penyemprotan yang rutin tidak akan menyebabkan sarang walet anda akan meningkat cepat. Penyemprotan berikutnya seharusnya diarahkan ke dinding sudah cukup.

Penggunaan parfum walet atau aroma walet adalah untuk membiaskan bau manusia yang masuk ke dalam bangunan dan jika sudah berpopulasi akan berfungsi untuk mengurangi dampak stress akibat pemanenan sarang. Sehingga burung walet akan segera membuat sarangnya lagi.



Hal ini jelas menguntungkan bagi pebisnis walet. Pemanenan normal 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali dengan harapan mampu meningkatkan populasi walet. Di sisi lain, dalam bidang bisnis investasi harus untung. Kemampuan memanen 1 bulan sekali jelas memberi keuntungan yang lebih banyak dan cepat kembali modal.

Penggunaan parfum walet akan memberi efek bagi walet cepat membuat sarang kembali setelah pemanenan karena menghilangkan dan membiaskan stress, cemas ataupun ketakutan karena sarangnya telah hilang pada saat pulang. Karena di rumah walet saya sendiri pemanenan dilakukan 1 bulan sekali dengan cara pemanenan yang benar dan tidak membuang telur sehingga populasi tetap berjalan. 1 minggu kemudian saya masuk dan tanpa sengaja saya melihat sarang yang baru saya panen sudah dibuat kembali dengan ukuran yang cukup besar. Jadi diperkirakan bulan depan bisa dipanen lagi.

Kasus Rumah Walet
· Lubang masuk walet lebih dari satu, benar atau salah?

No comments:

Post a Comment