Budidaya Walet saat ini terjadi perubahan dengan adanya permintaan dari pihak China yang meminta agar sarang Walet lebih sehat dan higienis (KOMPAS 29 Nov 2011) Kedepannya export Walet akan ditest higienisnya (kadar amoniak & nitrit). Untuk budidaya Walet tidak hanya sekedar memikirkan suhu dan kelembapan, aroma/parfum, suara yang menarik, lokasi gedung, dan cahaya. Saat ini ada satu yg penting untuk masa depan budidaya Walet yaitu teknik dan peralatan menurunkan kadar amoniak di dalam gedung Walet yg sudah terisi ribuan walet. Setiap hari walet akan mengeluarkan kotoran dan gedung Walet memiliki kelembapan yang tinggi diatas 80 derajat, ini menimbulkan amoniak (NH3) dan Nitrit (N) yg terserap oleh sarang-sarang Walet. Apalagi untuk gedung yang rendah akan lebih cepat terserap oleh sarang Walet. Meskipun untuk kedepan agar budidaya Walet kita lebih terjaga kebersihan dan kesehatan, harus memakai teknik dan peralatan khusus untuk menjaga mutu sarang agar kadang amoniak dan nitrit sesuai dengan kualitas export dan bisa diterima oleh exportir. Sarang-sarang yang kadang Amoniak dan Nitritnya rendah terlihat lebih putih tanpa obat. Kami menyediakan konsultasi dan penanganaan untuk mengurangi kadar Amoniak dan Nitrit dalam gedung Walet agar hasil produksi sarang Walet sehat dan higienis memenuhi standart export dan sarang lebih putih, agar harga sarang bisa pulih kembali.Kami menyediakan mesin yang bisa membersihkan sarang Walet dan mengurangi kadar Amoniak dan Nitrit agar bisa diterima oleh exportir dan pihak karantina.

Monday 5 November 2007

Patokan pada alat pengukur, Salah Besar

Patokan pada alat pengukur, Salah Besar
baby waletPebisnis walet sering membaca di buku dan mendapat informasi bahwa ukuran yang ideal untuk rumah walet suhu dan kelembaban haruslah 28 °C / 95%. Saya mendapat cerita dari orang bahwa suhu rumah waletnya sudah ideal, kelembaban sudah ideal, semua sudah ideal. Tetapi mengapa burung walet masih enggan masuk. Saya pun entah mau menjawab apa karena diberi informasi bahwa rumahnya sudah ideal.

Saya mendapat pelajaran dari seorang pakar walet yang sudah saya anggap sebagai saudara saya. "Gunakan Feeling, Bukan Mata". Mata bisa menipu tetapi feeling tidak mungkin menipu anda. Jangan menganggap rumah walet anda sudah ideal dengan ukuran diatas karena 70% pebisnis walet tidak berhasil karena "Mata". Ukur ideal rumah anda dengan "Feeling" dan terapkan teknik metode yang benar. 



Burung walet adalah burung liar yang tidak bisa dipaksa ataupun dikekang. Pernah mendengar "Free Like a Bird" atau "Bebas Seperti Seekor Burung". Gunakan perasaan anda untuk menaklukkannya. Arus jangan dilawan tetapi diiring atau diikuti. Coba rasakan anda seekor burung walet apakah anda sudah nyaman di dalam rumah walet anda? Apakah anda betah tinggal di dalam rumah walet anda? Apakah anda akan membuat keputusan beregenerasi di dalam rumah walet anda?

Kasus Rumah Walet
· Lubang masuk walet lebih dari satu, benar atau salah?

No comments:

Post a Comment